PESAN GURU SEKUMPUL

PESAN GURU SEKUMPUL
Setiap manusia mempunyai salah dan setiap kesalahan perlu di perbaiki untuk menutupi kesalahan

Minggu, 20 Mei 2012

KAIDAH NAHU


Kaidah Nahu

1.          Setiap fi’il  (فعل) pasti ada fa’il ( فاعل )
2.          Setiap fi’il muta’addi ( ) pasti ada maf’ul bih
3.          Setelah fi’il tak mungkin jer
4.          Jamak mu annas salim tak mungkin fathah
5.          Isim di awal kalimat menjadi mubtada ( ) setelahnya pasti ada khobar
6.          Jar majrur atau zhorof di awal kalimat menjadi khobar muqoddam setelahnya pasti ada mubtada muakkhor,hukumnya rofa       
7.          Jar majrur atau dzorof setelah kaana menjadi khobar muqoddamnya kaana setelahnya pasti ada isim kaana yang muakhor     hukumnya rofa
8.          Jar majrur atau dzorof setelah inna menjadi khobar muqoddamnya inna setelahnya pasti ada
        isim inna yang muakhor ,hukumnya nasab.
9.          Isim setelah dzorof menjadi mudofun ilaih
10.      Dhomir muttasil :
11.      Isim setelah dzorof menjadi mudof ilaih
12.      Isim setelahkalimat-kalimat berikut menjadi mudhof ialaih
13.      Jawab لو  kebanyakan fiil madhi yang di awali lam ibtida ل dengan harokah fathah yang bermakna pasti / makna pasti
        Misal :  لعلم لوقرأه
14.      Gabungan 2 isim atau lebih disebut idhofah
          -Isim yang pertama disebut mudhof  (tanpa alif lam dan tanwin)
          -Isim  yang kedua disebut mudhof ialaih (hukumnya jer)
15.      Isim setelah انما menjadi mubtada
        Misal :       الا عما ل بالنىه انما
16.      Isim setelah اما menjadi mubtada dan khobarnya di awali ف
17.      Yang memerlukan jawab : لما   لو   ااذ من  ان
18.      Jawab syarat biasanya berupa fiil mudhori jazm atau kalimat yang di awali ف
19.      Fiil amar pasti punya fail dhomir, jadi hanya memerlukan maf’ul bih
20.      Setelah ىعنى/أعنى di baca nashob menjadi maf’ul  bih
21.       وكذا لك /    وكذا menjadi khobar muqoddam, isim setelahnya menjadi mubtada muakhor hukumnya rafa
22.      فمن / ومن   (dan termasuk dari ……..) menjadi  khobar  muqoddam, setelahnya pasti ada mubtada muakhor hukumnya rafa
23.      ان  dan fiil berkedudukan seperti isim, harus punya kedudukan, boleh jadi fail, maf’ul bih, mubtada, khobar dan lain-lain
24.      Setelah  ان seringkali ada (ل) lam ibtida artinya sungguh, boleh masuk pada isim atau khobarnya
        Misal : في ذلك لعبره  ان  / ان الله لغني / لمن المر سلين انك
25.      Fiil bab 5 pasti lazim, tidak punya maf’ul dan tidak di mabni majhul
تفاعل     يتفاعل    تفاعلا    متفاعل    متفاعل    تفاعل   لاتتفاعل   متفاعل   متفاعل   تفوعل
        Bab ini untuk musyarokah di dalam يتفاعل  suatau hal antara dua orang atau lebih dan ada juga untuk berpura-pura
        Misal :    تغافل     تضارب    تناصر
26.      Fiil bab tujuh pasti lazim, tidak punya maf’ul dan tidak di mabni majhul
انفعل    ينفعل    انفعالا   منفعل    منفعل   انفعل    لاتنفعل    منفعل     منفعل     انفعل     ينفعل
        Bab ini gunanya adalah “terjadi” sesuatu, seperti  :
انفجر   انقلب   انكسر
27.      Fiil-fiil yang punya dua maf’ul bih
جعل    أعطى    سمى    أنى     يؤتي
28.      Fiil yang kebanyakan tidak punya maf’ul bih pada bab تفاعل   (no 24) dan  تفعل
تفعل    يتفعل    تفعلا    متفعل    متفعل    تفعل    لاتتفعل    متفعل     متفعل    تفعل    يتفعل
        Bab ini gunanya buat “jadi” tapi ada juga buat lain makna yang tidak tetap
        Missal : تكسر
29.      Fiil yang kebanyakan muta’addi (punya maf’ul bih ) pada bab
فعل    يفعل    تفعيلا     مفعل    مفعل    فعل     لاتفعل    مفعل    مفعل    فعل    يفعل
        Kegunaannya :
        - تعديه         :    memuta’addikan fiil  yang lazim
        Missal       : صدق   : benar
               صدق      : membenarkan
              حرم        : haram 
                  حرم           :mengharamkan
               -menunujukkan kepada banyak
        Missal :        موتت الابل: banyak mati unta
                                 زيد   طوف      : banyak towaf
          Pada bab : 
يفعل   افعالا   مفعل   مفعل   افعل    لاتفعل   مفعل   مفعل   افعل    يفعل   افعل
        Kegunaanya  -  تعديه
        Missal       : كرم  : mulia       أكرم  :  memuliakan
        Ada juga dalam bab ini tidak jadi muta’addi tapi mendapat makna “masuk”
        Missal : أسلم    :  masuk di dalam keselamatan
                 أعرق  : masuk negeri irak
30.      Fiil-fiil yang kebanyakan di majhul adalah
غشي على ............    اغمي على ...........    نوفي ..............     روي ان      يستحب    روي عن     يندب     يسن     شضي    يشفى
31.      Jama’ yang berwazan   مفاعيل   /   مفاعل   tidak boleh di tanwin dan jernya menggunakan fathah
32.       انبشرط           / بشرط  tidak boleh di tanwin karena di mudhofkan pada jumlah  أن  dan setelahnya
33.         ول..........   /   …….....فل     lam amar artinya hendaklah, menjazamkan fiil mudhori
        Misal :  خل وليد
        Jika tanpa   (و) waw atau  )ف  )  fa maka lam ( ل ) di baca kasroh  ليدخل
34.      Setelah puluhan di baca nasob, menjadi tamyiz
        Misal : ايه  خمسون
             Setelah belasan di baca nasob menjadi tamyiz
        Misal :  عشره ايهخمسس
        setelah ratusan di baca jer, menjadi mudhof ilaih
        misal : خمسمأه عام
35.      Setelah   بن  pasti jer, menjadi mudhof sedang  بن  menjadi badal mengikut  I’rob nama sebelumnya
حسين بن علي بن ابي طالب
36.      Isim setelah  حيث  di baca rofa’ jado khobar dari mubtada yang di buan
حيث العلم من    :  حيث هوا لعلم   من
37.      Isimnya   الجنس  لالنفي   di baca fathah tanpa al ( ال )  dan tanpa tanwin
        Misal :   لاحول
38.      Setelah   نعم  /  بأس    pasti menjadi fail
39.      اخذ   dan  جعل  jika di sambung dengan fiil mudhori artinya mulai (termasuk af’alul muqorobah)
        Misal :  زيد يقرأ و اخذ يقول  جعل
40.      Hamzah bab   افعل  dan hamzahnya fiil mudhori (saya : انا ) adalah hamzah قطع jadi, ditengah kalimat harus di baca
        Misal :     واكرامه     وأحسن       وأضرب
41.      Selain kedua hamzah di atas kebanyakan hamzah wasol  (وصل) maka jika ditengah kalimat tidak perlu di baca
        Misal :       واستعن     باحترامه    وختر     واضرب 
42.      عليك ب..............  :   kamu harus
اياك والغيبه            :   di baca nasob  artinya takutlah kamu dari gibah
        (termasuk isim fiil yang bermakna amar  (  الزماحذر ) )
43.      أن   ان    masuk pada isim
        Kebanyakan masuk pada fiil
44.      مثل  : perumpamaan  (biasanya di awal kalimat)
مثل       : seperti
45.      اذ :  karena, setelahnya jadi mubtada
        Misal : المواد   اذ: karena adapun yang di maksud ………….
اذ : ketika, masuk pada fiil
46.      اكثر     احسن   dan semisalnya
-             Bisa jadi fiil maka artinya memperbanyak atau berbuat baik
-             Bisa jadi isim tafdzil maka artinya paling banyak, paling bagus
احسن التلامذ     :  Berbuat baik itu murid-murid
 اتلامذ احسن    :  Paling bagusnya murid
47.       كفار  jama’ taksir dari  كافر  artinya orang-orang kafir
كفار     mubalagoh dari  كافر  artinya  sangat kafir
        Begitu juga lafadz yang semisalnya  اكل  -   نوام
48.      Ciri-ciri na’at sesuai di beri makna “yang” dan sesuai dengan man’ut dalam mudzakkar / muannasnya, ma’rifah / nakiroh
49.      Ciri-ciri badal : sesuai diberi makna “yaitu” apabila lafadz sebelumnya (yang di badali) di buang maka badal dapat       menggantikan kedudukan dan maknanya tidak berubah
        Misal : صلوا على سيدنا محمد جاءالحبيب عمر
50.      Ciri-ciri maf’ul mutlaq  :
-             Sesuai di ber makna “ dengan”
-             Berbentuk masdar yang sesuai dengan fiilnya
51.      Ciri-ciri Hal :
-             Sesuai di beri makna “ keadaan”
-             Kebanyakan isim fiil atau isim maf’ul
52.      Ciri-ciri khobar sesuai di beri makna “adalah”
53.      لان di tengah kalimat ( karena sesungguhnya………)
لأن    di awal kalimat  (sungguh adapun hendaknya)
        Misal :  بليل احب الي من ادنيا لاناقوم
ان  dan fiil setelahnya menjadi mubtada
54.      Fiil mudhori hukumny rofa kecuali ada ‘amil nasob atau jazam
55.      Fiil mudhori hukumnya nasob jika ada :
حت   كي    أن   لن   ل     :  maknanya supaya
56.      Fiil mudhori hukumnya jazam jika ada :
لا   ان   من   لن   ل  : maknanya hendaklah
57.      الايه      الحديث    di baca nasob menjadi maf’ul bih dari fiil yang di buang
        Asalnya  :  الحديث   تمم
58.      نحو   di baca rofa menjadi khobar dari mubtada yang di buang, setelahnya menjadi mudhof ilaih
        Misal  :  نحو ......... وذالك
59.      Fiil setelah   حتى  hukumnya nasob
        Misal :  يبلغ  حتى
        Isim setelah  حتى  hukumny jer
        Misal :   مطلع الفجرحتى
60.      Jumlah yang jatuh setelah isim nakiroh menjadi sifat
        Jumlah yang jatuh setelah isim ma’rifah menjadi hal (nakiroh sifat ma’rifah hal)
        Misal :   رجلا يصلىرايت  :  saya melihat laki-laki yang sholat
            زيدا يصلى    رايت  :  saya melihat zaid dalam keadaan sholat
61.      Jika setelah الا ada jumlah mubtada khobar maka menjadi Hal
        Misal :   لا تاكل الا وانت جاءع 
62.      Dalam lafadz  انه  واعلم   dhomir  “Ha” adalah dhomir sya’n ( شأن ) artinya sesungguhnya keadaan.
        Khobar  ان pasti jumlah yang jatuh setelah  انه
63.      ولا حرمنا من شىء
        Lafadz  “min” dalam contoh tersebut adalah min zaaidah (  زاءدهمن ( aslinya شيئا ولاحرمنا
        Ciri-cirinya adalah kalau ada isim nakiroh kemasukan من dan sebelumnya ada nafi atau istifham atau nahi berarti من nya        adalah من زائده   
64.      مامناحد.................الا..............................
من   adalah zaidah, احد  menjadi mubtada tanda rofanya dhommah muqoddaroh. Khobarnya jatuh setelah  الا
65.      Khobar  ما      ليس      kebanyakan di masuki   ba ( ب  )  zaidah
        Misal  : الله باحكم الحا كمين   أليس
احكم   menjadi khobar  ليس  hukumnya nasob, tanda nasobnya fathah moqoddaroh “ba” ( ب  ) tidak perlu diterjemahkan
66.      Tanda-tanda awal kalimat adalah
و    ف    اما    بل     انما     اسم موصول    اذا    واو استئناف
        Cara menentukan kedudukan kalimat :
          -  Cari tanda awal kalimat
          - Jika setelahnya berupa isim maka menjadi mubtada maka cari khobarnya
          - Jika setelahnya berupa jer majrur / zhorof jadikan khobar maka cari mubtadanya
          - Jika setelahnya berupa fiil maka cari failnya
          Misal  :  الذي بيده الملك   تبارك
الذى   : adalah isim mausul  ( termasuk tanda-tanda awal kalimat )
بيده    : jer majrur di awal kalimat, maka jadikan khobar
الملك :  mubtada hukumnya rofa
67.      Tiap-tiap dhomir yang duduk kemudian dari pada fiil I’rob jadi maf’ul bih dan duduk kemudian dari pada isim I’rob jadi          mudhof ilaih
          Msal  :      ضربه      غلامه
68.      ان  di baca kasroh ( -  ) akan hamzahnya  ( ء ) apabila jatuh di awal kalimat atau kemudian dari pada “fa”  ( ف  ) atau            kemudian daripada “qola” ( قال )
          Misal :     الله معنا   قال انه يقول انهاان
         فان الذكر تنفع المؤمنين                   
69.      Tiap-tiap huruf jer dan zhorof mesti ada tempat ta’luknya. Tempat ta’luknya baginya ialah :
فعل    مصدر    اسم فاعل    اسم مفعول    صفه مشبهه
          Zhorof dan huruf jer ini tidak harus berta’luk kepada isim zat  ( ذات  اسم ) yaitu  isim yang menunjuk atas nama, seperti nama        negeri atau nama orang atau nama binatang
70.      Tiap-tiap khobar dengan jumlah mesti ada robitohnya. Robitoh adalah isim dhomir atau isim isyaroh yang kembali kepada     mubtada
          Misal  :   هو الفظ الكلام
71.      قد  apabila masuk pada  ماض فعل  ialah “litahkik” (sesungguhnya)
          Misal :  قامتالصلاه  قد
                               قد افلح من تزكى         
          Dan apabila masuk pada fiil mudhori ialah “litaklil” (terkadang)
          Misal قد يكون
72.      Tiap-tiap athof dengan waw (و) mesti ma’tuf ‘alaih ( عليه معطوف  (pada awal
73.      Tiap-tiap isim yang jadi mubtada mesti isim ma’rifah atau nakiroh yang ada musawwiq. Musawwiq yaitu yang           mengharuskan isim nakiroh jadi mubtada
          Misal : (yang menentu dengan sifat)  تخصص  yaitu isim nakiroh yang ada sifat harus jadi mubtada
74.      Tiap-tiap من huruf jer, jika kemudian daripada isim mausul kebanyakan “min lil bayan” yaitu من yang menyatakan isim              mausul itu
75.      Isim yang tidak bertanwin ada 6 :
-              الذي لاينصرفاسم
-             Isim yang ada alif lam (ال)
-             Isim la (لا)
-             Isim yang jadi munadi mufrod ‘alaih nakiroh maksudah
-             Isim yang jadi mudof
-             Isim mabni
76.      Tiap-tiap isim yang ada alif lam (ال) jika masuk lam (لام) huruf jer atasnya di khozafkan akan alifnya lil iktisoori (karena               memendekkan tulisan)
          Misal : للرجل
77.      ‘alam (علم) ada tiga :
-             ‘alam isim
-             ‘alam kinayah : apa-apa yang di awali dengan kata “abun” (اب) dan “ammun” (ام)
          Misal :  عبداللهابي
-             Lam lakop : alam yang tersusun dengan isim . jika ada dua lakop dan isim mufrod maka beridofah .
          Misal :  كرزسعيد
          Dan apabila bukan alam isim dan alam lakop mufrod maka (التابع)
78.      ما (ma) pada lugoh arab ada tujuh :
-             ما syarotiyah                : apa-apa
-             ما isim mausul             : barang
-             ما masdariyah
-             ما nafiyah                     : tidak
-             ما istifhamiyah            : apakah
-             ما zhorofiyah jiniyah : selama
-             ما zaidah                      : tak ada makna
79.      Waw (و) ada lima macam :
-             Waw isti’naf (yang ada pada awal kalimah)
-             Waw huruf ‘atof
-             Waw ma’iyah (serta)
-             Waw huruf kosam (demi)
-             Waw sababiyah (yaitu ‘amil nasob)
80.      Hamzah ada dua macam
-             Hamzah wasol yaitu hamzah yang ada pada awal kalam dan gugur pada tengah kalam serta ada pada tulisan
          Misal : hamzah bab istikhroj dan semua hamzah fiil amar yang selain bab af’al (افعل)
-             Hamzah kot’a (قطع) yaitu hamzah yang di fathah pada awal kalam
          Misal : hamzah huruf mudhoro’ah dan hamzah fiil amar bab af’al (افعل)
81.      Ba (ب ) huruf jer yang banyak maknanya, setengah dari maknanya adalah
-             Ba sababiah : sebab
-             Ba li ta’diyah : akan
          Misal :    بزيدذهبت
-             Ba dengan makna “fi” (في )
           (tiap-tiap “ba” huruf jer yang masuk pada isim makan)
          Misal : بمكه    , بمركز جالا     
82.      على  huruf jer banyak maknanya, setengah daripadanya adalah
-             على  isti’la  (atas)
-             على  li ta’lil ( karena)
-             على  lil mudhorot  (مضاره )
          Misal :  على القوم الكافرين   وانصرنا
83.      من  huruf jer banyak maknanya setengah dari pada maknanya :
-             من  liltab’iid  (للتبعيد ) (setengah)
          Misal :    من اهل مكه زيد
-             من  lil ibtida’ (mula)
          Misal :    من جال الى بنكوكسفرت
-             من  lil bayan (yaitu)
          Misal :   ارض من بقلهاتنبت
84.      Nun (ن ) banyak maknanya, setengah daripada maknanya yaitu ;
-             Nun wiqoyah ( وقايه نون  ) nun yang sebelum “ya” mutakallim yang masuk di atas fi’il
          Misal :  ضربني
          Wiqoyah adalah memelihara jer fi’il daripada kasroh
-             Nun taukid khofifah dan tsakilah
          Misal :   ,  لينصرن    ليكونا
-             Nun anas (nun isim dhomir yang ruju’ kepada sekalian perempuan)
          Misal :راينه اكبرنه    فلما
          (maka tatkala melihat oleh sekalian perempuan akannya)
-             Nun ganti tanwin yaitu nun yang ada pada akhir  مثنى  dan jamak muzakkar
-             Nun alamat rofa’ yaitu nun yang ada pada fi’il lima
          Misal :   يعلمون
85.      Fa (ف  ) ada enam macam :
-             Fa tafri’ yaitu fa yang jatuh pada kalam yang jadi mafhum bagi kalam sebelumnya
          Misal   :  زيد في الدرس فهو عالم ونا جع  جد
-             Fa fasihah yaitu fa yang jatuh pada kalam yang menyatakan kalam sebelumnya
          Misal   :    علا متان  :  السكون ولحذف فاما السكونللجزم
-             Fa sababiah yaitu fa yang jadi ‘amal nasob yang jatuh pada jawab sambilan
-             Fa huurf ‘atof
-             Fa lil ta’lil  (karena)
-             Fa robithoh jawab syarat
86.      Ta (ت  ) ada dua macam :
-             Ta marbuthoh  yaitu “ta” yang di simpul  (ه) ta ini tertentu dengan isim saja
-             Ta majrurat yaitu “ta” yang di tarik pada tulisan (ت )
87.      Ta ta’nis sakinah ada empat macam :
-             Tanis lafzi yaitu ta nis dengan masuk ta ta nis
          Misal  :  مدرسه  atau masuk alif ta nis
a.          Alif ta nis ada dua macam :
1.          Alif ta nis mamdudah, alamatnya ialah ada hamzah kemudian daripada alif itu
          Misal   : صخرآءحمرآء
2.          Alif ta nis maksuroh, alamatnya ialah dengan rumah “ya”  dan tak ada hamzah         selepasnya
          Misal   مرضى
-             Ta’nis ma’nawi yaitu
          Ta’tanis pada makna dan tidak alamat ta’nis pada lafadz
          Misal   :  زينب  هند
-             Ta’nis majazi yaitu ta’tanis yang selain dari pada ta’tanis hakiki
          Misal   :   الشمس
-             Ta’tanis hakiki
كل ماله فرج  ( tiap-tiap barang yang ada baginya faraj)
88.      Ya (ي ) ada empat macam :
-             Ya nisbah
          Misal   : مكيه 
-             Ya mutakallim
          Misal   : كتابى
-             Ya mufrodat munasabah mukhotobah
          Misal   :   ,  واشربي ,  فكلى عينا وقري
-             Ya masdariyah
          Misal   :  اى كونه معرد مفردته
89.      Mufrod ada tiga macam :
-             Mufrod bab ‘irob yaitu bukan musanna dan bukan jamak
-             Mufrod bab mubtada khobar yaitu bukan jumlah dan bukan syabiyah jumlah
-             Mufrod bab munada yaitu bukan mudhof dan bukan syabiyah mudhof yaitu mufrod ‘alam
90.      Tarkib ada tiga macam :
-             Tarkib isnaadi yaitu tarkib di antara mubtada khobar dan fi’il fa’il
          Misal : زيد  ,  زيد عالم    علم
-             Tarkib idhoofi yaitu susunan mudhof serta mudhofun ilaih
          Misal :    بيتي 
91.      Tarkib mazaji (مزجي ) yaitu tarkib campuran di antara dua kalimat jadi satu
          Misal :  اسرائيل, حضرموت , احدعشر
92.      Alif lam ( ال ) ada tujuh macam :
-             Alif lam syamsiah yaitu : alif lam yang mesti bertasdid pada bacaan
          Misal :  الشمس
-             Alif lam komariyah yaitu alif lam yang di idzhar pada bacaan
          Misal : القمر
-             Alif lam للعهدالذكر  yaitu alif lam yang masuk pada isim yang telah di sebut
-             Alif lam  للعهدالحضوري  yaitu alif lam yang bermakna sekarang
          Misal :  اكملت لكم  اليوم
-             Alif lam للعهدالذهن yaitu alif lam yang masuk pada isim yang ma’lum di sisi orang ramai
          Misal :  جاء القض
          Yakni القض yang ma’lum di sisi orang ramai
-             Alif lam mausul yaitu alif lam yang ma’na  الذي  atau  الذين
          Misal : المقول عليه اي الذي يقال عليه
       المقول عليهم اي الذين يقال عليهم           
-             Alif lam  للعواض   yaitu alif lam yang ganti daripada mudhof ilaih
93.      Isim ada tiga macam :
-             Isim mutamakkin amkan  (   امكنمتمكن  ) yaitu mu’rob yang kena tanwin
-             Isim mutamakkin ghoiru amkan yaitu isim mu’rob yang tidak  (غيرامكن  متمكن ) kena tanwin
-             Isim ghoiru mutamakkin ghoiru amkan yaitu isim mabni
94.      Tanwin ada dua macam :
-             Tanwin  العوض    yaitu tanwin ganti daripada jumlah
          Misal :   تقديرن يوم اذكان الناس يوميذ
-             Tanwin tamkiin yaitu tanwin yang ada pada isim ma’rub
          Misal :  زيد
95.      Huruf masdariyah ada lima :
-             ان
-             ما
-             كي
-             لو
-             يأ

96.      Huruf zaidah ada sepuluh  :  سألتمونيها
97.      Tiap-tiap mudhof yang mudhof ilaih nya muannas maka mudhof itu muannas juga
          Misal :  كلها
98.      Syibhu nafi  (  نفىشبه  ) ada dua :
-             نهي
-             استفهاميه
99.      Dhomir ada dua :
-             Mustatir
-             Baarizun
          (lawan isim dhomir ialah isim zhohir)
100.   Tiap-tiap musanna dan jamak muzakkar jika jadi mudhof maka mesti di khozof nun karena nun ini ialah nun ganti tanwin
101.   Tiap-tiap huruf illat yang sebelumnya fathah mesti di tukar huruf illat itu kepada alif (ا)
          Misal  : باع, قال
102.   1/5  الخمس , ¼ الربع , 1/3 الثلث , ½  التصف ,  1/9  التسع , 1/8    ,الثمن 1/7, السبع  1/6, السدس 1/10 العشر  ,2/3  الثلثين ,  عشرربع
103.   Perbedaan antara  نصف    dan   بعض  :
-             نصف : tertentu dengan dua bahagian yang sama banyak
-             بعض  : setengah daripada jumlah semua mungkin lebih banyak daripada  نصف  atau lebih sedikit daripadanya
104.   Tiap-tiap khobar kaana (كان ) dengan fi’il mudhori bermakna sentiasa
          Misal :   زيد يقوم اليلكان  ( zaid sentiasa bangun malam )
105.   Tiap-tiap isim yang ada alif lam jatuh kemudian daripada isim isyaroh ‘irob jadi badal
106.   Illa mulaqoh (  ملغهال) ialah illa yang jatuh kemudian daripada huruf nafi
          Misal :  الا زيد  لايقوم ا
107.   Mubtada dinamakan musnad dan khobar dinamakan musnad
108.   Isim ada dua macam :
-             Isim jamid ( yang bukan yang tidak terima ubahan dari pada fi’il )
          Misal :    بيت مكه زيد
-             Isim musytak (yang terima ubahan fi’il)
          Misal :  isim fa’il dan isim maf’ul
109.   اسماء الجهات  ( segala isim nama bagi pihak)
          Missal : فوق , تحت, مثل , غير , قبل , بعد
          Semua ini dinamakan alas dhommah apabila di hazaf ( di buang) akan mudhof ilaih dan di takdir akannya
110.   Lafadz كل  ada dua macam :
-             Bermakna jamik (semuanya) yaitu tidak tertinggal walaupun satu
          Missal :  من آدم  كلكم
-             Bermakna majmuk (kebanyakan)
          Missal :   بدعه ضلا له كل
111.   Tiap-tiap alif lam yang ada pada isim  فاعل atau isim maf’ul ialah alif lam mausul
112.   Sin dan ta ( س ت ) pada awal fi’il bermakna :
-             للطلب    : menunutut   missal  : استطعمااهلها
-             للعد       : bilangan         missal :        استحسنت زيد
-             للزائيده  : tak ada makna apa-apa
113.   Isim ‘alam ada tiga :
-             ‘alam ismiyah yaitu yang menunjukkan di atas nama bagi sesuatu atau nama orang atau nama negeri
          Missal :  زنجبيل, محمد , مكه
-             ‘alam lakob yaitu yang menunjukkan di atas gelaran
          Missal : البغيس
-             ‘alam kinayah yaitu tiap-tiap lafadz yang di mulai dengan nama ibu dan bapak
          Missal :  ابوهريره,سلامه   ام
114.   Kata-kata  من حيث    “dari segi ………….” Dapat di pakai tiga tujuan :
-             Menerangkan ithlaq (kemutlakan) dalam arti tak ada kaitan dengan sesuatu seperti ucapan : “manusia itu dari segi dia sebagai manusia adalah sepotong tubuh
-             Menerangkan taqyid yakni adanya keterkaitan dengan sesuatu seperti ucapan : “ manusia itu dari segi bisa sehat dan bisa          sakit adalah obyeknya ilmu kedokteran
-             Menerangkan ta’lil  (causalitas) atau sebab akibat, seperti ucapan : “ api itu dari segi     panasnya bisa membakar

           







                                      
        








3 komentar: